Minggu, 18 Agustus 2013

Belajar Make Up / Retouch Gambar Dengan Photoshop


Meningkatkan keindahan, merubah gambar biasa menjadi tidak biasa dan bahkan Retouch wajah adalah suatu kelebihan dan karakter yang di miliki oleh Photoshop karena dia memang di ciptakan untuk menjalankan tugas-tugas yang luar biasa tersebut. sebenar nya kita bisa menghabiskan waktu yang sangat banyak hanya untuk mempelajari teknik retouch ini, akan tetapi dengan semakin maju nya platform dan Tool yang di miliki oleh Photoshop maka semua waktu dan tenaga yang akan kita keluarkan selama berbulan-bulan bisa kita dapatkan hanya dengan waktu singkat.

Membahas masalah Retouch, berikut ini akan saya coba Share sedikit tentang Teknik Retouch pada wajah dengan mudah dan singkat.
Yuk langsung saja kita intip langkah-langkah di bawah ini.

Sebagai kelinci percobaan, saya akan gunakan foto yang saya ambil dari file saya sendiri. untuk mengetahui proses ini berjalan dengan lancar, alangkah baik nya kita menggunakan gambar yang bisa di bilang belum sempurna sehingga kita akan tahu perubahan apa saja yang akan terjadi dalam langkah-langkah di bawah ini.

1 Siapkan sebuah foto apa saja. dengan cara File > Open. lalu pilih gambar yang akan kita kerjakan. jika sudah, copy layer tersebut (Ctrl+J).ubah nama gambar pertama menjadi "Background" dan Layer Gambar copy di ubah menjadi "Gambar 1". hal ini bertujuan untuk mempermudah anda dalam mengenali setiap layer yang akan anda gunakan.



2. Sekarang langkah awal kita adalah menghilangkan segala jenis noda baik itu jerawat, bekas luka dan sebagai nya dengan menggunakan Healing Tool. cara nya adalah cari noda yang ingin anda hilangkan lalu klik pada noda tersebut menggunakan Healing Tool.usahakan ukuran Healing sedikit lebih besar dari noda yang akan anda hilangkan.



3. Jika anda sudah selesai dengan pembersihan noda, maka sekarang saat nya kita akan memberikan sedikit efek Blur pada wajah untuk memberikan efek halus. Duplikat Layer Wajah 1 (Ctrl + J) kemudian Pilih Menu > Blur > Surface Blur kemudian atur seperti gambar di bawah ini.


4. Sekarang kita akan menerapkan Layer Mask pada Layer Blur untuk menghilangkan beberapa titik yang tidak kita inginkan.( pada Layer Mask anda tekan Tombol Alt + Delete untuk merubah warna menjadi hitam pada Layer Mask).

Pastikan Warna Foreground anda berwarna Putih dan Background anda berwarna hitam atau pun sebalik nya (atau dengan menekan tombol D pada keyboard).
akan tetapi jika kita langsung menghapus beberapa titik yang tidak inginkan, kita akan sangat kesulitan untuk melihat bagian mana saja yang sudah di hapus dan bagian mana yang belum, untuk itu saya anjurkan terlebih dahulu untuk merubah Blend Mode pada Layer Blur menjadi Multiply. Gunakan Brush halus dan pada Option bar anda rubah Opacity nya menjadi 60%.
lihat gambar di bawah ini.

Menggunakan Blend Mode Multiply

Menggunakan Blend Mode Normal


5. Untuk menghindari permukaan kulit wajah terlalu licin seperti plastik, ada baik nya kita menambahkan sedikit efek noise pada gambar. Pilih Menu > Filter > Noise > Add Noise dan atur seperti di bawah ini.



Mungkin perbedaan yang terjadi tidak terlalu penting, akan tetapi kita sudah bisa merubah sedikit dari tekstur wajah pada gambar.



6. Langkah 6 ataupun Langkah terakhir pada tutorial ini.
Tambahkan Layer baru di atas Layer Blur. Fill Layer tersebut dengan warna #5a5a5a. rubah Blend mode nya menjadi Soft Light. jika sudah Kembali lagi ke Layer Blur. sekarang kita akan mencerahkan iris mata menggunakan Dodge Tool dan Menambah gelap mata menggunakan Burn Tool. pada Option bar, rubah Opacity nya menjadi 50% agar hasil nya tidak terlalu kontras.
Untuk Dodge Tool di oles pada pola yang berwarna putih saja sedangkan Burn tool untuk obyek yang berwarna gelap. tujuan nya adalah untuk lebih mempertajam Obyek.



Hasil nya seperti ini.

Selesai..
Mudah sekali bukan.?

Demikian Tutorial saya kali ini mengenai Retouch Foto.

Terima Kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar