Jumat, 16 Agustus 2013

PHOTOSHOP DASAR : Memahami Fungsi Dan Cara Kerja Layer



1. Layer ( Lapisan )

No Layer, No Photoshop. mungkin istilah ini lah yang sangat cocok untuk kita jadikan sebuah perumpamaan antara Photoshop dan layer. bagaimana Photoshop akan berfungsi jika dia tidak memiliki jendela Layer (layer palette). begitu penting nya sebuah Layer untuk mengkordinasi setiap lapisan yang kita mainkan dalam Olah Digital sehingga pada akhir nya akan memberikan beragam efek dan pengaruh terhadap hasil akhir.
Jika kita bicara mengenai Layer (lapisan), maka secara otomatis kita di tuntut untuk mengkombinasikan setiap lapisan-lapisan sehingga menciptakan suatu bentuk yang berbeda dari Original, bukankah begitu konsep utama dalam Olah Digital? yaitu memberikan kita keluasan dalam menentukan setiap lapisan yang akan kita gunakan.

Secara singkat bisa kita definisikan bahwa Layer adalah lapisan-lapisan gambar yang tergabung dalam sebuah jendela palette yang yang berfungsi sebagai pengatur dalam setiap langkah-langkah dalam proses sehingga akan membantu kita untuk menentukan bagian mana saja yang akan kita olah secara terpisah dan teratur tanpa mempengaruhi objek yang lain.

Di dalam jendela Layer itu sendiri terdapat beberapa jenis bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda . seperti pada gambar yang saya tampilkan di bawah ini. bagian dari Layer itu sendiri saya beri tanda dengan angka sehingga anda bisa memahami dengan seksama bagian-bagian tersebut.



Ket :
1. Menu Layer - Menu utama pada halaman jendela layer.
2. Channels - jendela seleksi pada layer.
3. Thunbail layer - untuk melihat lambang Tool/gambar yang kita pasang pada layer.
4. Icon mata - untuk mengaktifkan atau menyembunyikan layer.
5. Adjustment Layer - memberikan warna dan perubahan warna pada gambar.
6. Layer mask - menghapus atau mengembalikan Gambar dengan Brush Tool.
7. Layer Style - untuk membuat efek tertentu pada layer yang terpilih.
8. untuk menggabungkan antar layer yang satu dengan yang lain.
9. Info - melihat informasi seputar proses Olah Digital.
10. Opacity - Memberikan ukuran kecerahan terhadap gambar
11. Fill - mengatur kecerahan bagian inti objek.
12. Halaman Layer - merupakan Lapisan inti dari gambar.
13. Blending Mode - menentukan tekstur warna layer.
14. Group - menggabungkan layer-lyer tertentu menjadi satu kelompok.
15. Layer Copy - Untuk menggandakan layer dengan cara menarik layer ke folder Copy.
16. Delete - Untuk menghapus Layer dengan cara menarik layer ke arah delete folder.

Dari 16 bagian Layer yang saya sebut di atas, masih ada beberapa bagian lagi yang saya tidak sebutkan melihat fungsi kerja nya yang tidak terlalu signifikan terhadap proses Olah digital, jadi saya hanya melampirkan 16 bagian saja. saya menekankan disini untuk benar-benar memahami fungsi dari masing-masing bagian di atas untuk menunjang kelancaran ada dalam mengolah gambar. 

Dalam layer kita akan melihat istilah Layer 1, Layer 2, Layer 3 dan seterusnya. itu lah yang kita sebut dengan lapisan. dimana lapisan-lapisan tersebut bisa kita rubah posisi nya baik di atas maupun kebawah sesuai dengan komposisi gambar yang akan anda buat. anda bisa membuat hingga 100 buah lapisan, tapi bayangkan saja jika anda membuat lapisan sebanyak itu, bayangkan bagaimana pusing nya anda melihat urutan Layer yang begitu banyak..??? oleh karena itulah dalam bagian layer yang saya sebutkan di atas saya masuk kan bagian Group untuk mengumpulkan beberapa layer yang memiliki jenis yang sama sehingga memudahkan anda dalam memilih layer mana saja yang akan anda edit.

Tidak jarang kita jumpai dalam berbagai macam tutorial baik yang berbahasa inggris atau pun yang berbahasa indonesia sering sekali menggunakan istilah Blending Mode (No.13), Icon Mata(No.4), Opacity(No.10) dan yang familiar yaitu istilah Layer Mask(No.6).jika kita tidak mengenal istilah-istilah di atas, bagaimana anda akan mampu mengikuti tutorial-tutorial tersebut sedangkan dalam suatu proses Olah Digital lebih mendominasi kerja pada Layer. Oleh karena itu, dalam Artikel saya yang ini, saya ingin mengajak anda semua untuk lebih mengenal bagian-bagian apa saja yang ada dalam photoshop yang bersifat Signifikan dan penting. sehingga tidak akan ada lagi kesulitan yang akan kita hadapi di kemudian hari.

Untuk penjelasan secara mendalam mengenai Layer Mask, anda bisa baca disini Memahami Konsep Layer Mask. untuk menambah pengetahuan anda secara bertahap. tidak ada sesuatu terjadi secara instant, semua butuh proses dan semoga apa yang saya sampaikan ini merupakan salah satu proses menuju pengetahuan yang lebih luas dalam Dunia Photoshop

Keterampilan anda dalam menyusun setiap lapisan gambar akan menunjukan anda sebagai seorang profesional walaupun anda seorang pemula. tidak ada kata untuk berhenti belajar, tidak ada kata untuk tidak bisa selama kita masih ingin menggali lebih dalam, maka hal-hal yang tidak pernah kita bayangkan sebelum nya kan bisa kita miliki.

Sekian Artikel saya kali ini mengenai Memahami Fungsi Dan Cara Kerja Layer. jika ada hal yang ingin di tanyakan, harap tulis komentar anda di bawah. 
saya mohon maaf jika ada penggunaan kata yang kurang berkenan di hati anda semua. nantikan Artikel Dunia Photoshop pada kesempatan yang lain..

Terima Kasih.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar