Jumat, 09 Agustus 2013

Tutorial Membuat Creative Teks Dengan Photoshop CS6

Belajar Lebih Kreatif Dengan Photoshop CS6.


Pada tutorial kali ini, saya akan mengajak anda untuk berkreasi dengan menggunakan Teknik Pen Tool. Seperti yang anda lihat pada Gambar yang sudah jadi di atas.
Langsung aja kita mulai .

Langkah 1.

Buat dokumen baru dengan ukuran 1500 x 720 pixel warnai Background nya dengn warna Hitam #000000, setelah anda selesai, lanjutkan dengan memilih Type Tool (T)  kemudian pilih Font yang memiliki karakter tebal. dalam Tutorial ini saya akan menggunakan jenis Font Myriad Font .akan tetapi karna saya tidak punya koleksi Myriad Font, jadi saya menggunakan kalinga font
Atur ukuran Font anda dengan 70pt dan beri warna putih sebagai Foregrounf (#ffffff) kemudian tulis lah "CREATIVE" ,pada layer Teks anda Klik kanan lalu pilih Rasterize Type. ini akan mengubah layer anda menjadi layer normal sehingga bisa untuk di tambahkan Filter apa saja. Setelah selesai, maka anda akan mempunyai Project baru seperti gambar di bawah ini :


Langkah 2.

Sekarang saat nya kita untuk mengedit CREATIVE yang sudah kita Resterize tadi, Cara nya adalah Anda Pilih "Pen Tool",  jangan lupa untuk pengaturan nya ke "Path"  Lihat gambar :
 

Pastikan anda memilih layer "CREATIVE", Dengan menggunakan Pen Tool,  buat lah garis di sekitar Huruf C sampai ujung garis tersebut terhubung kembali. setelah selesai, anda klik kanan lalu pilih Make Selection dengan radius 0 lalu Klik OK. selanjut nya dengan menggunakan "Move Tool", Karena kita akan memisahkan Huruf C menjadi dua bagian, silahkan anda menggeser seleksi tadi beberpa inci menjauh dari setengah Huruf C tadi.

Setelah di geser, akan nampak seperti ini :


Langkah 3 :

Pastikan anda masih memilih CREATIVE Layer, langkah selanjut nya adalah Copy Layer CREATIVE setelah itu Sembunyikan dengan menghilangkan Icon mata yang ada di sebelah kiri jendela layer anda.

Kemudian tambahkan layer baru di bawah layer copy tadi. pilih Pen Tool > Shape Lanjutkan dengan membuat garis Segitiga pada Huruf "R". pastikan anda sudah memilih warna hitam sebagai Foreground nya. 

Selanjut nya, aktifkan Layer kopi kembali dengan mengembalikan Icon mata yang anda hilangkan tadi kemudian Klik Kanan pada layer tersebut  > Create Clliping Mask .jika sudah selesai, sekarang Pilih Move Tool kemudian geser ke bawah Layer Copy tadi sesuai keinginan anda.


Langkah 5 :

Sekarang kita akan melanjutkan ke Huruf "E", untuk huruf E,A,T,I,V,E,  dengan masih memilih Layer CREATIVE, lakukan hal sama saat anda menyelesaikan Huruf C yaitu dengan menggunakan Pen Tool > Path  kemudian geser posisi nya sesuai keinginan anda dengan menggunakan Move Tool..

E

A

T

I

V

E
Saya akan menambahkan Teks lain di bawah "CREATIVE" jadi anda pun bisa melakukan nya, saya menggunakan kata BLOCK sebagai pelengkap di atas.

Langkah 6 :

Sekarang kita akan merubah Textur Teks, tapi terlebih dahulu anda ambil gambar tekstur. jadi, dalam hal ini saya dapatkan tekstur yang lumayan bagus.silahkan buka disini Creativeoverflow, Simpan gambar yang anda dapat dari sana kemudian kembali ke Photoshop lalu File > Open masukan gambar yang anda simpan tadi lalu tempatkan di posisi layer paling atas ,ganti Blend Mode nya menjadi Dark:

maka hasil nya akan seperti ini.


Langkah 7 :

Sampai disin belum cukup, sekarang pilih layer CREATIVE kemudian Ctrl+Klik untuk membuat seleksi area, lalu tambahkan Vector Mask yg terletak di bawah jendela palet,gunakan Brush (B) lalu pilih foreground nya putih kemudian sapukan pada Vector Mask yang sudah anda buat.


Langkah 8 :

Masih dalam keadaan terseleksi pada layer CREATIVE, sekarang pilih Burn Tool kemudian berikan sapuan kecil di setiap pinggir Teks untuk menghasilkan Highlight Hitam Putih menggunakan Brush Tool Halus dengan Diameter 30px.


Langkah 10 :

Kemudian pada jendela layer anda pilih menu New Adjusment Layer  yang ada di bawah jendela layer anda, kemudian set dengan pengaturan berikut :
>Brightness and Contrast � Set the Brightness to +14 and the Contrast to +100.lalu tarik layer tersebut agar berada di posii paling atas

Itu saja belum cukup, sekarang Klik kanan pada layer Texture untuk mendapatkan Blending Option,Jika sudah, maka seting seperti gambar di bawah ini :


Langkah 11 :

Buat layer baru pada jendela layer paling atas kemudian isi dengan warna hitam lalu atur Blend Mode nya menjadi  Color Dodge  lalu pilih Brush lembut gunakan radius nya 40px, Sapukan tepat di tengah teks pada layer Tekstur ,maka hasil nya akan seperti ini :


Sebagai langkah terakhir, kita akan menambahkan sedikit komposisi yang berbeda dari gambar dengan memasukan sebuah gambar efek KACA,  jika anda belum punya, anda bisa dapatkan di Smashed Glas By Ryan Cooley.
Masukan gambar tersebut tepat pada layer paling atas dan atur Blend Mode nya menjadi Linear Dodge lalu hapus bagian-bagian yang tidak anda inginkann.
Hasil akhir dari Tutorial kita kali ini adalah seperti gambar berikut :


Berikut Salah satu gambar yang berpatokan pada tutorial di atas :

Demikian tutorial DUNIA PHOTOSHOP kali ini, nantikan tutorial-tutorial lain pada Artikel saya berikut nya.
Terima kasih dan Selamat mencoba.

Jika ada yang ingin di tanyakan, harap meninggalkan komentar pada kolom di bawah.
Salam.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar