Sabtu, 10 Agustus 2013

Mengenal Bagian-Bagian Dalam Photoshop (Part I)

Mengenal Bagian-Bagian Dalam Photoshop (Part I)


Photoshop merupakan sebuah perangkat lunak(Software) yang berfungsi sebagai program pengolahan gambar(Editing), tentu nya dalam hal ini, ada berbagai macam komponen pendukung di dalam Software tersebut yang menunjang suatu proses sehingga menghasilkan sebuah titik akhir yang di inginkan, untuk itu dalam Artikel saya kali ini, saya akan mengajak anda semua untuk melihat bagian-bagian atau komponen apa saja yang terdapat di dalam nya. 
mempelajari ruang kerja dalam Photoshop sebenar nya mempermudah kita dalam proses belajar terutama buat anda yang baru ingin mempelajari bidang ini, karena tujuan utama nya adalah untuk menghindarkan kita dari kesulitan di kemudian hari  saat kita akan mendalami dunia photoshop ke tahap yang lebih serius.
Mengetahui bagian-bagian dalam Software Photoshop merupakan suatu keharusan bagi kita yang betul-betul ingin terjun langsung ke dalam nya, karena seperti istilah sebuah pepatah "Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta', mungkin seperti itu bisa saya gambarkan bagaimana kita akan mampu menghasilkan sebuah hal yang luar biasa sedangkan kita tidak pernah tau nama dan fungsi dari yang akan kita kerjakan.

Untuk itu dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan beberapa garis besar tentang bagian-bagian mana saja yang terpenting dalam sebuah proses pengolahan gambar yang terdapat dalam Software ini.

Secara garis besar, Photoshop terbagi menjadi 3 bagian yang berbeda di mana setiap bagian tersebut memiliki cabang-cabang tersendiri, dengan kata lain "Menu" > "Sub Menu", Bagian tersebut meliputi :
- Menu Bar
- Option
- Tool Box
- Palet (Palette)

Seperti yang saya katakan tadi, dari ketiga Bagian Photoshop yang saya sebutkan di atas masih memiliki Sub Menu masing-masing dengan fungsi yang berbeda-beda pula tergantung proses seperti apa dan hasil seperti apa yang kita inginkan. untuk itu alangkah baik nya untuk menentukan proses seperti apa yang akan kita inginkan, langkah seperti apa yang akan kita lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses pengolahan gambar sehingga tiap bagian terkecil dari Menu, Tool dan Palet akan bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing.

I. Menu Bar

Di dalam menu Bar ini, kita akan menemukan beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. adapun Bagian-bagian tersebut meliputi :

1. File

File merupakan Sub menu yang memiliki fungsi utama untuk membuat Project baru,membuka gambar,Export, dan menyimpan gambar.

2. Edit


Berfungsi untuk Undo, Reundo project, untuk mengcopy,paster,cut dan sebagai nya.


3. Image.

Berfungsi sebagai tempat pengaturan gambarr secara keseluruhan karena disini terdapat Adjustment yang memiliki peranan penting dalam proses editing seperti pengaturan warna dan masih banyak lagi.

4. Layer.

Berfungsi sebagai tempat pengaturan layerpada lembar kerja Editing sehingga proses pengaturan dalam tiap langkah akan terorganisi dengan rapi.

5.Type

Sebenar nyaMenu Type ini hanya terdapat pada CS6, tetapi fungsi Vital nya adalah sebagai tempat pengaturan Font yang akan kita gunakan.jadi dalam hal ini,langkah tersebut bisa kita lakukan langsung melalui jendela Tool.

6. Select.

Memiliki fungsi utama sebagai tempat pengaturan seleksi pada tiap gambar yang kita olah.

7. Filtter.

Menu Filtter berfungsi sebagai tempat mengambil beberapa efek tertentu yang bisa di terapkan dalam gambar seperti Blur, Tekstur, danmasih banyak lagi.

8.. 3D (Tiga Dimensi)

Tempat mengatur segala sesuatu project teks Tiga Dimensi, terutama pada proses edit teks.

9.View.


Tempat mengontrol tampilan layout gambar seperti Zoom in dan zoom out.

10. Window.

Menu Bar sebagai tempat untuk menentukan palette yang akan di tamplikan pada jendela palette.

11. Help.

Tersedia Informasi bantuan untuk pengguna Photoshop.

Demikian 11 Sub Menu yang terdapat dalam Menu Photoshop. Selain Menu, masih ada tiga bagian penting lagi yang akan kita ulas dalam Artikel saya selanjut nya. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda yang baru saja akan memulai karir dalam dunia Olah Digital.

Terima kasih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar