Sabtu, 17 Agustus 2013

Photoshop Dasar - Cara Ekstrak Gambar Menggunakan Pen Tool

Artikel ini merupakan Artikel lanjutan dimana sebelum nya saya membahas mengenai Cara Ekstrak Gambar apa pun dari Background. Maka Kali ini saya akan memebrikan beberapa langkah mudah untuk Ekstraksi gambar menggunakan Pen Tool.

Seperti yang kita ketahui bahwa Pen Tool merupakan salah satu Tool Photoshop yang memiliki fungsi untuk membuat seleksi baik itu seleksi Shape, Path maupun Pixel, akan tetapi pada umum nya tugas utama nya adalah untuk memberikan sebuah garis pemisah antara obyek yang akan kita olah dengan gambar lain.

Jika pada Quick Selection Tool bahkan Laso Tool kita hanya bisa membuat 1 seleksi untuk setiap proses, akan tetapi pada Pen Tool ini kita di berikan kebebasan untuk membuat Seleksi sebanyak yang kita ingin dan itu sangat membantu kita dalam pembuatan seleksi. saya akan berikan anda beberapa contoh antara Quick Selection Tool Tool dan Pen Tool.
Seleksi menggunakan Quick Selection Tool

Gambar di atas adalah contoh gambar yang terseleksi menggunakan Quick Selection Tool, seperti yang anda lihat bahwa ketika anda membuat seleksi menggunakan tool ini maka secara otomatis dia akan membentuk sebuah garis yang mengikuti satu pola warna saja tanpa bisa kita tentukan bagian mana saja yang ingin kita beri garis seleksi. hanya saja kelebihan dari Quick Selection Tool adalah kita bisa menambah bahkan mengurangi ukuran dari seleksi tadi dengan menahan Tombol Alt atau pun Shift.. untuk anda yang ingin mengekstraksi gambar dengan pola warna Putih dan Hitam maka Tool ini adalah yang paling tepat.

Seleksi menggunakan Pen Tool

Dan ini adalah Seleksi yang saya buat menggunakan Pen Tool, jelas nampak sebuah perbedaan yang sangat mendalam bagaimana kemampuan Pen Tool ini dalam membuat sebuah garis seleksi sesuai seperti yang kita ingin kan, di atas saya membuat beberapa buah garis seleksi dengan tempat yang berbeda-beda dan dengan kontras warna yang berbeda-beda pula. yang perlu kita lakukan hanyalah mengikuti setiap garis yang akan kita seleksi menggunakan Tool ini sehingga saat anda memutuskan untuk membuat seleksi, tidak ada lagi kesalahan-kesalahan yang terjadi saat anda ingin membuat pola atau garis.

Oke, berikut ini saya jelaskan sedikit cara menggunakan Pen Tool. dimana dalam hal ini saya mempunyai sebuah foto yang akan saya gunakan sebagai contoh untuk memudahkan anda dalam memahami cara kerja Pen Tool itu sendiri.

1.Buatlah sebuah Garis menggunakan Pen Tool mengikuti pola gambar yang akan anda seleksi dimana dalam hal ini saya akan menghilangkan BG gambar di bawah, maka saya membuat garis pada setiap sisi dari gambar.


2. jika anda sudah akan mencapai tahap akhir dalam pembuatan garis, anda harus menyambung setiap ujung garis tersebut agar terbentuk sebuah garis seperti di bawah ini.



3. Saat nya membuat Seleksi. dalam hal ini kita memiliki dua cara dalam membuat seleksi terhadap garis yang sudah anda buat tadi yaitu dengan cara Ctrl+Enter dan Klik kanan > Make Selection.




4. Untuk menghilangkan Background nya anda hanya tinggal menekan tombol Ctrl+J maka sekarang gambar anda sudah terpisah dari BG. siap untuk di isi dengan background kesukaan anda.
Selesai........

Bagaimana, mudah sekali bukan ?
Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang ingin anda tanyakan harap meninggalkan komentar di bawah.

Sekian Artikel DUNIA PHOTOSHOP kali ini. nantikan Artikel-artikel saya yang lain pada kesempatan yang akan datang.
terima kasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar