Kamis, 22 Agustus 2013

Tutorial CS6 : Bermain Dengan Timeline Photoshop

 photo Untitled-1_zpsa0db6cbf.gif

Pada kesempatan ini saya akan memberikan anda sebuah tutorial dalam cara membuat Video Animasi dengan menggunakan Timeline Photoshop CS6.

Ilustrasi :
Timeline merupakan sebuah Plugin yang di tambahkan ke dalam Software Photoshop sebagai pengganti dari Animasi yang sudah ada pada Photoshop edisi sebelum nya dimana Plugin ini berfungsi sebagai sarana untuk membuat sebuah animasi atau gambar bergerak seperti yang biasa kita lihat terpasang pada blog atau pun pada sebuah halaman tertentu.

Buat anda yang ingin segera mencoba, langsung aja ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Siapakan sebuah File baru dengan ukuran 600 x 500px dengan Resolusi 72%. kemudian gunakan Gradient Tool > Radial > Background to Foreground dengan warna seperti di bawah ini.


2. kita akan membuat sebuah cahaya yang sedikit lebih jelas tepat di tengah-tengah radial .
Copy layer Background kemudian ganti Blend Mode nya menjadi Overlay.


3. Tulis Sebuah Huruf.
Tulis lah sebuah huruf apa saja dengan menggunakan Type Tool. gunakan Major Snafu Font untuk hasil yang lebih indah kemudian ketik lah Huruf "V " dan isi warna Teks anda dengan #555555... jika sudah sekarang kita akan Rasterize Layer Teks kita tadi dengan cara Klik Kanan Pada layer teks kemudian Razterize Type.

4. Sekarang kita akan menambahkan Blending Option pada Later Teks.
Klik kanan pada Layer Teks anda dan pilih Blending Option. kita akan menggunakan berbagai macam jenis Blending pada Teks kali ini jadi berikut saya akan tampilkan pengaturan masing-masing pengaturan Blending.

Sekarang kita sudah memiliki gambar seperti ini.



6. Buat dua Layer baru tepat di atas Layer Teks anda dan beri nama Kiri dan Kanan. jika sudah sekarang buatlah 2 buah Titik menggunakan Brush Tool dengan ukuran 50px pada masing Layer Kiri dan Kanan.


7. Pada Masing-masing Brush Kiri dan Kanan kita akan menambahkan Layer Style. Klik kanan Pada Masing-masing Layer kemudian pilih Blending Option. Pilih Color Overlay dan rubah warna nya seperti gambar di bawah ini.


8.. Saat nya kita bermain dengan Timeline.
Buka Menu Windows pada Photoshop CS6 anda kemudian pilih Timeline. sekarang kita memiliki jendela baru seperti di bawah ini.


9. Kita akan memulai dengan Layer yang sebelah "Kiri".
Klik tanda panah yang ada pada Layer Kiri di jendela Timeline anda maka anda akan melihat tiga buah menu seperti di bawah ini.


10. Sekarang kita akan menuju tahap tersulit dari tutorial ini jadi harapkan kesabaran dan ketelitian anda.
Pada Huruf "V" kita sudah membagi nya menjadi 2 bagian yaitu Kiri dan kanan.pada masing-masing bagian memiliki sudut Huruf yang sama yaitu 4 sudut. yang perlu kita lakukan adalah menggeser Brush kiri dari sudut ke sudut di ikuti dengan Klik pada "Position" yang ada di jendela Timeline anda.
Kita akan Mulai.

Ket : Pindah kan Scrol yang saya beri tanda (geser) pada masing-masing 1detik (untuk waktu nya saya beri tanda dengan kata "waktu"). jika anda sudah sampai pada detik pertama , tandai dengan mengklik icon kuning yang saya beri kode (Klik) pada gambar.

pada masing-masing sudut, saya berikan tanda Angka 1 sampai 4. setiap kali anda selesai mengerjakan petunjuk diatas, maka saat nya kita menggeser brush kiri ke sudut yang ke 2 di lajutkan dengan melakukan hal yang sama seperti di atas. begitu seterus nya sampai anda smpai ke sudut awal yaitu sudut No.1.
 Gambar yang di bawah ini saya sudah menggeser Brush sampai ke sudut ke 3. perhatikan gambar ini.
Ket : karena saya memindahkan Brush tersebut sampai pada sudut ketiga, maka saya pun mengKlik titik kuning sebanyak 3 kali. lakukan hal yang sama untuk setiap kali anda menggeser Brush dari sudut ke sudut.

11. Saya akan selesaikan untuk Layer kiri saja dulu.
perhatikan gambar di bawah ini :
Ket : Gambar di atas sudah selesai saya kerjakan.Seperti yang anda lihat pada jendela Timeline saya memiliki 5 buah titik, itu karena dari Sudut 1 sampai sudut 4 kita hanya memiliki 4 titik. tapi karena kita kembalikan lagi Brush ke titik pertama jadi kita menambahkan 1 titik lagi.

LAKUKAN HAL YANG SAMA PADA LAYER BRUSH KANAN SEPERTI GAMBAR DI BAWAH INI.
Ket : Gambar di atas adalah Layer Brush untuk sebelah kanan. seperti yang anda lihat saya pun melakukan hal yang sama seperti Layer Brush untuk yang 'kiri' . memiliki 5 titik pada Layer Timeline.

Untuk mengetahui apakah anda berhasil dalam teknik di atas, sekarang anda Play dan lihat hasil nya, jika Brush anda bergerak mengikuti garis Teks anda maka anda sudah benar dalam melakukan teknik tersebut.

lihat gambar ini.

 photo Untitled-1_zpsa0db6cbf.gif

Bagaimana Semoga hasil anda sesuai dengan contoh yang saya tampilkan di atas. jika ada yang kurang jelas anda bisa tinggalkan Komentar di bawah ini.

Sekian Tutorial DUNIA PHOTOSHOP untuk kali ini.
Terima Kasih dan Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar