Jumat, 16 Agustus 2013

Tutorial Dasar- Merubah Foto menjadi Bentuk Sketsa


Kali ini saya akan coba untuk memberikan beberapa langkah mudah dalam merubah foto menjadi bentuk Sketsa dengan Photoshop.
Yuk langsung saja ikuti Langkah-langkah di bawah ini.

Siapkan sebuah Foto bisa foto anda sendiri atau pun foto pacar anda (heheheheh). kunci  membuat sebuah hasil yang bagus adalah di samping menguasai teknik-teknik Photoshop, saya anjurkan buat anda untuk memiliki sebuah bahan dasar (foto) yang memiliki Resolusi tinggi. bisa Foto yang di ambil melalui Camera Digital atau pun melalui Hp yang memiliki Resolusi yang memadai. tujuan nya sangat sederhana yaitu membuat hasil akhir menjadi sangat maksimal terhadap kualitas gambar itu sendiri (pengalaman pribadi loh).

1. Buka Photoshop anda lalu masuk kan foto yang akan anda proses dengan cara File > Open > pilih folder tempat anda menyimpan foto tersebut. saya sudah memiliki beberapa foto salah satu nya foto keponakan saya ( heheheheheheh). ga salah kan gan.


2. Copy foto tersebut (Ctrl+J) lalu tekan Ctrl+Shift+U untuk memberikan efek desaturate. anda bisa dapatkan efek ini pada Menu > Image > Adjustment > Desaturate. Kita hanya menggunakan tombol Shortcut untuk mempersingkat proses.

Foto menjadi Hitam-Putih setelah di beri efek desature seperti gambar di atas.

3. Copy Layer tersebut kemudian kita akan Invert dengan cara Ctrl+I . kemudian pada Blend Mode nya kita ubah menjadi Color Dodge.(saat anda merubah Blend Mode pada Layer menjadi Color Dodge, maka gambar secara keseluruhan akan berubah menjadi warna putih.

Invert (Ctrl+I)

4. Selanjut nya kita akan memberikan efek Blur pada Gambar dengan cara Menu > Filter > Blur > Gaussian Blur. atur Radius nya menjadi 65 pixel (tergantung selera anda). jika sudah, tambahkan layer baru tepat di atas gambar tersebut kemudian pilih Menu > Image > Aplay Image > OK




5. Sekarang kita akan Marge semua layer kecuali layer Background cara nya dengan sambil menahan tombol Ctrl, Klik pada ketiga layer di atas Backgrouund kemudian Klik Kanan dan Marge (Ctrl+E) sehingga gambar akan tergabung menjadi satu. jika sudah, Copy layer yang sudah anda gabungkan tadi kemudian  pada Blend Mode nya anda ubah menjadi Multiply. lalu copy kembali layer tersebut sekali lagi dan pada opacity nya anda kurangi menjadi 22%.





7. Kita akan menggabungkan semua Layer kecuali Background sekali lagi cara sama seperti langkah di atas yaitu dengan menahan tombol Ctrl, anda pilih ketiga layer tersebut kemudian Klik Kanan dan Marge(Ctrl+E).juka sudah, buat lah Layer baru tepat di atas Background kemudian pada layer baru tersebut anda tekan Ctrl+Backspace untuk membuat Foreground nya menjadi warna putih.



8. Sekarang kita kembali pada layer paling atas, klik layer tersebut untuk menambahkan Layer Mask. Pastikan Foreground anda warna hitam dan Background anda warna putih.lalu pilih brush halus dengan ukuran 170pixel. jika sudah, sekarang kita akan hilangkan obyek yang tidak kita butuhkan pada gambar.


Obyek yang saya beri tanda merah pada layer adalah "Layer Mask" dan Obyek yang saya beri tanda merah pada gambar adalah Obyek yang akan kita hilangkan dengan Brush Tool tadi.

Kira-kira hasil nya akan seperti ini.
Anda bisa menambah Tekstur ke dalam foto jika hasil yang di ingin kan kurang memuaskan.semua kembali ke selera masing-masing.mungkin gambar saya agak sedikit berbeda, itu karena saya menambahkan tekstur tembok pada Background nya.



Mudah sekali bukan...???

Sekian Tutorial DUNIA PHOTOSHOP kali ini. nantikan Tutorial-tutorial yang lain dengan tema dan efek yang lebih menantang.
terima kasih dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar