Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Membuat Teks Logo Dengan Beberapa Langkah Mudah



Pada tutorial kali ini, saya akan menunjukan beberapa langkah mudah dalam membuat Logo Teks dengan menggabungkan  antara Gradient, Pattern dan dan pasti nya kita akan bermain dengan Layer.

Sebelum kita mulai tutorial kali ini dan untuk mempermudah proses anda dalam mengikuti tutorial ini, alangkah baik nya anda terlebih dahulu mendownload beberapa plugin yang kita butuhkan dalam tutorial ini seperti Microsofot Yi Baiti Font dan Spiderman Pattern.


Yuk langsung aja kita menuju TKP.


1. Buat sebuah Dokumen baru dengan cara > File > New > Costum dengan ukuran 700x400 pixel, Resolusi 72 pixel, Jenis warna RGB lalu OK.


2. Sekarang kita akan gunakan Gradient Color untuk mengisi Layer dasar dengan warna sebagai berikut. untuk Foreground nya kita beri warna #d20101 dan untuk Background nya kita beri warna #000000. kemudian pada Paint Bucket Tool (G) anda pilih Gradient tool dan pada Option Bar yang ada di atas layar, anda pilih Radial > Background to Foreground > Ok.


Jika sudah, sekarang kita akan isi dengan warna tersebut. cara nya adalah anda klik tepat di tengah kemudian tarik garis Gradient ke arah pinggir  seperti gambar di bawah ini.


3. Buat Layer baru kemudian beri nama Pattern. dengan menggunakan Paint Bucket Tool (G) isi layer pattern dengan warna #b7b1b1.


4. Yang kita butuhkan sekarang adalah Spiderman Pattern (saya yakin anda sudah memiliki jenis Pattern ini), Cara nya adalah pilih Layer Style yang berada di bawah Layer Palette (fx) lalu pilih "Pattern Overlay", kemudian pilih Spiderman Pattern yang sudah anda download tadi, atur seperti gambar di bawah ini.

Jika Sudah, sekarang anda atur Blending Mode nya menjadi Soft Light dan turunkan Opacity nya menjadi 22.sekarang kita memiliki penampakan seperti ini.



5. Sekarang kita akan membuat sebuah KATA. dalam hal ini saya akan menggunakan kata "GIMP" atau apa saja yang anda inginkan. pilih Type Tool dengan ukuran 25pt dan pastikan Foreground anda warna Putih.


6. Ctrl+Klik pada Thumbail Teks anda untuk membuat sebuah seleksi. buat layer baru di atas Layer Teks anda kemudian  kita pilih Menu > Select > Modify > Expand lalu rubah angka tersebut menjadi 11 pixel kemudian OK



7. Selanjut nya, Pilih Paint Bucket Tool. pastikan Foreground anda warna Hitam.kemudian anda isi Seleksi tadi.



8. Buat Layer baru lagi. pilih warna Foreground Hitam (#000000) dan Background Abu-abu (#7a7b7b), kemudian anda pilih Gradient Tool (G). pada Option Bar anda pilih "Linear" , sekarang dengan menahan tombol Shift kita tarik garis dari bawah ke atas pada layer baru yang anda buat tadi dengan keadaan teks anda masih terseleksi.



9. Sekarang kita kembali ke Teks Layer. Ctrl + Klik pada Thumbail Teks layer anda untuk membuat seleksi baru.



Jika sudah, sekarang kita klik kembali layer paling atas (layer 2) lalu pilih Menu > Select > Modify > Expand. rubah angka 11 menjadi 2 pixel dan OK.sekarang pada Keyboard anda tekan Delete.



10. Ctrl+Klik pada Layer 2, kemudian Buat lagi layer baru kita beri nama Layer 3.

Seperti ini.

11. Pilih Gradient Tool > Linear Dengan Foreground warna putih (#ffffff) dan Background nya warna abu-abu (#3e3f3f), tarik garis lagi pada Layout Teks anda akan tetapi sekarang akan kita tarik dari atas ke bawah.


12. Jika sudah, maka sekarang kita ke Menu lagi lalu pilih Select > Modify > Expand > Contract, ganti angka nya menjadi 2 pixel lalu pada keyboard anda tekan Delete. turunkan Opacity layer menjadi 67%.


Sekarang kita akan menuju tahap yang agak sedikit rumit, untuk itu harap di perhatikan langkah demi langkah secara teliti.


13. Klik pada Layer 1 kemudian gandakan menjadi 2 dengan cara Ctrl + J sebanyak 2 kali. sekarang kita sudah memiliki 1 layer original dan 2 layer copy. sekarang Ctrl Klik pada "Layer1" dan "Layer1 Copy".dengan menggunakan Move Tool, turunkan layer yang sudah kita pilih tadi ke bawah sebanyak 10 pixel menggunakan tanda panah ke bawah pada keyboard anda.

Ctrl+J 2x

Ctrl+Klik Layer1 dan Layer1 Copy

Gunakan Move Tool Untuk Menggeser Layer yang sudah di tandai sebanyak 10px ke bawah

Hasil nya seperti ini. seperti yang anda liat. Background yang ada di belakang akan bergeser ke bawah.

14. Selanjut nya, klik pada Layer1, lalupilih Menu > Blur > Gausian Blur gunakan 5pixel untuk Radius nya. dengan menggunakan Move Tool, geser kebawah menggunakan arah panah pada keyboard anda sebanyak 10pixel. atur Opacity nya menjadi 80%.


15. Pindahkan Layer Teks anda sebanyak 2 tingkat ke atas atau tepat nya di atas Layer1 Copy 2. dengan menggunakan Move Tool, kemudian Turunkan Layer Teks anda sebanyak 3pixel.


Seperti ini.

17. Tambahkan Layer baru (Layer4), kemudian Ctrl+Klik pada Layer 2 untuk mengembalikan semua Seleksi.


18. Gunakan Rectangular Marque Tool, tarik garis tepat mengenai setengah bagian dari Teks logo anda sehingga Teks anda akan terseleksi setengah bagian saja.



19. Pilih Gradient Tool > Linear > Foreground to transparant. atur warna Foreground nya Putih (#ffffff). sekarang tarik garis gradient dari atas ke bawah Teks Logo. ( saat anda menarik garis harap untuk menekan Shift untuk meluruskan garis tersebut).



20. Terakhir, Jika anda sudah mendapatkan komposisi warna yang anda inginkan, Tekan Ctrl+D untuk Deselect dan Selesai.


Sekian Tutorial saya kali ini. semoga bermanfaat untuk anda semua.

nantikan Tutorial DUNIA PHOTOSHOP yang lain pada Artikel saya selanjut nya. jika ada yang ingin di tanyakan mengenai tutorial di atas, harap anda meninggalkan komentar di bawah ini.

Terima Kasih dan Terus Berkarya kembangkan Imajinasi dan Ide kreatif melalui Photoshop.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar