Kamis, 08 Agustus 2013

Membuat Efek Teks Plexy Dengan Photosop

Membuat Efek Teks Plexy Yang Menakjub kan



Kali ini, saya akan coba pandu anda untuk membuat sebuah Project Photoshop yang saya beri nama Membuat Efek Teks Plexy menggunakan Photoshop CS6.
Langsung aja kita mulai.

Langkah 1.
Buat lah sebuah dokumen dengan ukuran 900 x 900 pixel dengan Resolusi 300pixel/inci. set juga Color Mode menjadi RGB namai dengan 'A'.
kelemahan dari tutorial ini adalah kita akan membuat satu per satu Huruf tersebut sehingga menjadi sebuah kalimat, jadi dalam hal ini, kita akan memulai dari huruf A (bisa dengan huruf lain tergantung apa yang akan anda tulis).
jadi dalam hal ini di butuhkan sebuah kesabaran dari anda untuk sebuah hasil yang memuaskan.


Langkah 2
Ubah warna Background dengan warna 55% Grey kemudian pilih Type Tool kemudian Atur ukuran Font 200 pt, rubah warna teks menjadi 40% Grey kemudian tulis huruf "A".


Sekarang Duplicate Layer Text kemudian ganti dengan nama Shadowkemudian Geser posisi nya tepatdi bawah Text.Karna kita akan membutuhkan Layer ini nanti  jadi Klik Icon mata pada layer untuk menghilangkan nya.


Langkah 3
Sekarang kita akan merubah posisi Text. Klik pada layer Text kemudian Ctrl + T dan det rotasi nya pada 30 derajat kemudian klik 2x tepat di tengah Text untuk menghilangkan seleksi tadi. kemudian tekan Ctrl + T lagi kemudian setgaris Vertikal nya mendjadi 60% kemudian OK.


Langkah 4.
Pilih Gradient.
Pilih Gradient Overlay (Klik kanan pada text layer kemudian pilih Blending Option) .seti sesuai dengan gambar di bawah ini.kemudian OK


Langkah 5.
Sekarang Copy Layer Text , buat lah layer baru di atas nya dan beri nama Extrude,plih " Extrude" dan "Text Copy" kemudian klik kanan dan marge. setelah itu Copy layer Extrude yang sudah di marge tadi dan beri nama "Botom"


Langkah 6.
Ctrl + klik pada layer Extrude untuk membuat seleksi,kemudian pilih Move Tool kemudian tekan tanda panah bawah sebanyak 75 x sambil menahan tombol Alt .Usahakan agar Zoom pada 100%.setelah selesai, klik Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.


Langkah 7.
Membuat Bottom dan Top(atas dan bawah)
Copy layer "Bottom" kemudian beri nama "Top",lalu klik lagi layer "Bottom" kembali dan atur Blend Mode nya menjadi "Multiply". dengan memilih Move tool, geser "Bottom" ke bawah sebanyak 75x.untuk mempersingkat, kita bisa menggunakan tombol Shift jadi kita hanya menurunkan nya sebanyak 10x saja. set opacity untuk Bottom 75% dan Top 90%.


Langkah 8
Menambahkan warnna.
Pilih layer "Top,Bottom dan Extrude" pada jendela layer kemudian klik Ctrl + E untuk Marge(menggabungkan) mereka. setelah itu ganti nama nya menjadi "A1". kemudian klik kanan pada layer "A1" pilih Blending Option kemudian pilih Gradient Overlay dengan settingan seperti di bawah ini
Gradient => Spectrum, Blend Mode => Overlay, Opacity => 30%, Angle => -180 degrees and Scale => 150%.


Langkah 9.
Satu saja belum cukup.
Sekarang Copy "A1" kemudian ganti nama nya menjadi "A2", pilih Move Tool pada Jendela Tool kemudian geser ke atas sebanyak 35x. Ganti Blend Mode menjadi "Overlay". sekarang rubah settingan Gradien Overlay yg sudah di buat pada A1 tadi seperti settingan di bawah ini.
Blend Mode => Normal, Opacity => 20%, Reverse => Checked, Angle => 180, Scale => 150%.atur Layer Blend Mode menjadi Overlay.

Langkah 10.
Dua masih belum cukup.
Sekarang Copy Layer "A2" kemudian namai dengan "A3". seperti langkah di atas, Pilih Move Tool kemudian Geser ke atas sebanyak 15x menggunakan kursor arah Atur Opacity nya menjadi 100% lalu rubah kembali settingan Gradient Overlay yang di buat tadi seperti pengaturan di bawah ini 
Gradient => Blue, Red, Yellow, Reverse => Unchecked, Angle => 90, Scale => 100. Set Layer Blend Mode to Color Dodge dan Layer Opacity at 20% .


Langkah 11.
Efek Glossy 
Geser ke posisi paling atas layer "Text Asli" dengan menggunakan Move Toll kemudian hilangkan Efek nya agar menjadi teks normal kemudian ganti Blend Mode nya mendjadi "Screen".
.


Langkah 12.
Efek Reflection
Buat layer pada jendela layer paling atas kemudian beri nama "Reflection". pilih Gradien Tool lalu pilih warna putih dan silver kemudian sapukan dari kiri ke kanan seperti gambar di bawah ini.untuk mengatur intensitas nya anda bisa klik Ctrl + M lalu atur seperti di bawah ini .



Reflection
Tekan Alt � Klik tepat pada garis antara "Reflection" dan "Teks" untuk membuat Mask pada "reflection" lalu set opacity pada "reflection" menjadi 70%. 


Langkah 13.
Shadow
Ctrl + Klik padalayer "Text" untuk membuat seleksi, lalu buat lah layer tepat di atas nya lalu namai dengan "Near Shadow",lalu klik "D" pada keyboard untuk membuat warna nya menjadi hitam atau bisa juga kita gunakan "Paint Bucket Tool" untuk membuat nya menjadi hitam. karena ini akan kita gunakan sebagai bayangan yang akan kita tempatkan di bawah. skrng Klik Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi lalu geser dengan menggunakan Move Tool kemudian tempatkan seperti pada gambar di bawah ini. kemudian pilih Filter > Blur > Gaussian Blur atur menjadi 5pixels.


Langkah 14
Sekarang kita kan aktifkan lagi layer "Shadow" dengan cara klik icon mata yang ada pada layer,rubah warna nya menjadi hitam.anda bisa merubah warna nya pada panel karakter dengan cara Window > Character. kemudian Pilih Blending Option (Klik kanan pada layer Shadow) lalu pilih Stroke dengan pengaturan sebagai berikut :
Size => 30px, Position => Outside, Opacity => 100% and Color => Black. Sekarang kita akan menggabungkan "Layer Style" dengan "Layer". cara nya adalah buat lah layer baru di bawah "Shadow" layer,kemudian pilih kedua nya lalu klik kanan dan Marge (Ctrl-E) kemudian pilih filter > Blur > Gaussian Blur dan atur radius nya menjadi 12 pixels.


Langkah 15.
Soft Shadow
Kita lakukan hal yang sama seperti pada langkah 3 di atas, tetap pada layer Soft Shadow, Klik Ctrl-T  dan atur totasi nya 30 derajat enter.lalu Klik Ctrl-T lagi kemudian pilih Garis Vertikal nya menjadi 60% lalu enter.tempatkan layer tersebut seperti gambar di bawah ini.


Kemudian Pilih Gradien Overlay pada layer shadow dan gunakan setting di bawah ini. 
Now apply a Gradient Overlay Layer Style to the "Shadow" layer and use these settings: Blend Mode => Normal, Opacity => 10%, Gradient => Spectrum, Reverse => Checked, Angle => 0 and Scale => 150. ini lah layer yang akan kita gunakan sebagai bayangan pada project ini kemudian set layer opacity nya menjadi 50%.


Langkah 16.
Sebagai langkah terakhir, kita akan memilih beberapa layer, Pilih layer  "A1","A2","A3","Text" dan "Reflection" lalu copy, kemudian Ctrl-E untuk menggabungkan kembali layer yang sudah kita copy tadi dan beri nama "Glow". Alt-Klik pada garis penghungung antara layer "Glow" dan "reflection" untuk melepaskan Cliping Mask.


Yang terakhir.
Tambahkan layer di atas Background kemudian pilih Elipe Tool dan berikan warna putih.lalu buat lah lingkarang tepat di atas Background tersebut lalu Ctrl-D.skrng pilih filter > Blur > Gaussian Blur > pilih settingan radius 80 pixels.

Hasil Akhir nya adalah



Dan ini adalah Salah satu kreasi lain dari tutorial ini sebagai tambahan.

Selesai.
Bagaimana. saya rasa tidak sulit bukan..??

Demikian Tutorial Membuat Efek Teks Plexy Dengan Photosop kali ini.kalau ada yang masih kurang jelas mengenai tutorial di atas, silahkan tulis komentar anda  di bawah.
Terima kasih dan Terus lah berkreasi.

Salam Bolgger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar