Selasa, 13 Agustus 2013

Tutorial Membuat Efek Teks Impresive Dengan Photoshop

Tutorial Membuat Efek Teks Impresive Dengan Photoshop


Dalam Artikel saya kali ini, saya akan coba memberikan anda Tutorial  membuat Efek Teks yang sangat Impresive dengan menggabungkan beberapa Layer Style seperti "Gradien Overlay", "Pattern Overlay" serta kombinasi teknik yang berbeda dalam membuat "background fiber".

Oke, langsung saja anda ikuti tutorial berikut ini.

Langkah 1.

Buat sebuah file baru dengan ukuran 1200 x 800 pixel (jenis warna RGB) dengan resolusi 72 kemudian dengan Paint Bucket Tool (G) isi dengan warna background #2a2a2a.

Langkah 2.

Untuk membuat sebuah Background fiber, kita harus mendownload Spiderman Pattern terlebih dahulu. jika anda belum memiliki koleksi jenis Pattern ini, anda bisa download disini. cara memasuk kan Pattern ke dalam photoshop sama seperti ketika anda memasuk kan brush ke dalam Photoshop,bagi anda yang masih belum paham,mungkin anda bisa baca kembali Cara Install Brush Ke Dalam Photoshop
Jika sudah, sekarang anda buat sebuah layer baru lagi isi dengan warna #959595 dan atur Opacity nya menjadi 41%.


Langkah 3.

Selanjut nya pilih Layer Style (terletak pada Layer palette paling bawah) kemudian pilih "Pattern Overlay", masukan Pattern Spider yang sudah anda download tadi. kemudian set pengaturan nya seperti gambar di bawah ini.

Langkah 4.

Masih pada layer Pattern, sekarang kita akan membuat Layer Mask yang terletak pada Layer Palette paling bawah. kemudian lanjutkan dengan memilih Brush Tool(B). pilih Brush yang memiliki sisi halus lalu pada Option Bar anda pilih Opacity nya menjadi 20%. jika sudah, gunakan brush tool tadi untuk menghapus setiap sisi pinggir dari Layer Pattern tadi.



Langkah 5.

Masih pada Layer Pattern, Klik pada Layer Style kemudian Pilih "Gradient Overlay" dan set sesuai dengan gambar di bawah ini.

Untuk Gradient warna anda set seperti ini :

Berikut penampakan sampai pada Langkah 5. jika hasil anda mendekati seperti gambar ini berarti langkah anda sudah tepat.


Langkah 6.
Pilih Type Tool (T) lalu pilih jenis Font yang akan kita gunakan, dalam hal ini saya memilih Impact Font karena memiliki karakter tebal dan kuat. buat anda yang belum punya bisa anda Search di google.
selanjut nya kita akan menulis beberapa kata tergantung selera anda.disini saya akan menggunakan kata "MEYLONE WILL NEVER ENDS' kemudian anda atur tata letak dari tulisan anda agar nampak lebih rapi.
Note : Untuk mempermudah anda dalam membuat susunan kata, alangkah baik nya jika anda membuat satu kata untuk setiap layer, jadi jika anda memiliki 3 kata berarti anda memiliki 3 buah layer. jika menurut anda sudah enak untuk di lihat, selanjut nya setiap layer pada kata "meylone", "willnever" dan "ends" di resterize dengan cara Klik kanan > Resterize. lalu gabung ketiga layer tersebut menjadi satu dengan cara Marge (Ctrl+E) dengan catatan kata paling atas yang harus di pilih.

Langkah 7.

Pada Layer Teks anda dalam keadaan aktif, Pilih Layer Style kemudian Drop Shadow,Atur seperti pengaturan di bawah ini.

Masih Pada Layer Style, sekarang pilih Gradient Overlay den set seperti gambar di bawah ini :

Pada Gradien warna anda rubah warna nya seperti petunjuk di bawah ini : 


Maka Hasil akhir nya adalah seperti ini :

Selesai.
Saya harap pada akhir tutorial ini, anda semua bisa mendapatkan ide-ide lain dalam pengembangan kreatifitas dalam hal olah digital lebih dari yang saya sajikan untuk anda.

Sekian Tutorial kita Bersama DUNIA PHOTOSHOP pada edisi kali ini, nantikan Tutorial-tutorial yang lain pada artikel saya selanjut nya.jika anda merasa bingung dan ada hal yang ingin di tanyakan seputar tutorial di atas, silahkan menuliskan komentar di bawah ini.

Terima Kasih atas perhatian nya dan Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar