Minggu, 18 Agustus 2013

Tutorial Membuat Efek Teks Sumber Cahaya




Artikel kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial Membuat Teks Efek Sumber Cahaya. sebelum kita memulai tutorial kali ini, saya akan menjelaskan konsep dari tutorial kita ini agar anda mempunyai sedikit gambaran tentang apa yang akan kita kerjakan.

Konsep sumber bayangan merupakan istilah yang saya gunakan dalam konsep kali ini karena kita akan memberikan sebuah efek cahaya dari sudut tertentu sehingga cahaya yang melewati obyek akan memberikan sebuah bayangan yang semakin memperkuat akan ada nya sumber cahaya tersebut.


Seperti contoh pada gambar di atas, sumber cahaya mengenai obyek sehingga menimbulkan bayangan, begitu lah konsep tutorial yang akan saya bagikan kepada anda kali ini.

Yuk langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buat lah sebuah file baru dengan ukuran 500 x 500 pixel dengan Resolusi 72 pixel. Fill Background tadi dengan menggunakan Gradient Tool > Linear > Foreground to Background dengan warna FG #1d1c1d dan BG #403f3f.

2. Kita akan membuat sebuah Tulisan dengan " LONE " atau apa saja yang ingin anda gunakan sebagai contoh. untuk hasil yang baik mungkin saya sarankan anda menggunakan jenis Font yang bersifat tebal di mana dalam tutorial ini saya menggunakan jenis Agency FB Font. isi warna Teks anda dengan # c2c8d4


3. Ctrl + Klik pada Thumbail layer teks anda untuk membuat sebuah seleksi. kemudian buat lah sebuah layer baru tepat di atas nya. pada layer baru tersebut isi dengan warna #495a79 menggunakan Gradient Tool > Linear > Background to transparat mulai dari pojok kanan bawah sampai pojok kanan atas Teks lalu Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.



4. Atur warna Foreground anda menjadi hitam (anda bisa menekan tombol D pada keyboard anda untuk mengembalikan warna menjadi default).

Ctrl + D pada Teks Layer dan buatlah satu layer baru tepat di bawah Layer Teks anda (beri nama Shadow). sekarang tekan arah panah pada keyboard anda kebawah sekali dan ke kanan sekali kemudian anda tekan Alt + Backspace untuk mengisi nya dengan warna hitam. (hal itu bertujuan untuk membuat bayangan di belakang Teks anda) dan lakukan hal tersebut terus menerus sampai anda mendapatkan bayangan yang sesuai dengan keinginan anda. jangan lupa ubah Blend Mode nya menjadi Multiply dengan Opacity 40%


Jika langkah anda benar, maka anda sudah memiliki gambar seperti di bawah ini.


5. Sekarang kita akan membuat sebuah efek Motion Blur pada bayangan Teks. Dengan Layer masih terseleksi, Copy layer Shadow kemudian tekan Shift lalu tekan arah panah pada keyboard anda kebawah sekali dan ke kanan sekali.

Pilih Menu >Blur > Motion Blur lalu atur ukuran nya menjadi angle :-45 dan Distance nya :50 pixel. Atur Blend Mode nya menjadi Multiply dan Opacity nya 42%.


Sekarang anda sudah memiliki gambar seperti ini.


6. Buat layer baru dan letak kan pada posisi paling atas di antara semua layer, 
    Kembali ke Layer Teks anda kemudian Ctrl + Klik pada Teks Layer untuk membuat Seleksi. 
    dan kembali lagi pada layer yang baru anda buat. isi layer tersebut dengan warna putih.

Seperti ini.


7. Arahkan tanda panah pada Keyboard anda ke atas sebanyak 1 kali dan ke kiri 1 kali. Ctrl+Klik lagi pada Teks Layer anda kemudian tekan Delete. ( Pastikan anda memilih Move Tool untuk memindahkan nya)
Seperti yang kita lihat pada gambar, terdapat garis putih halus pada tiap Huruf sebelah kiri dan atas. hal itu menunjukan bahwa cahaya datang dari arah sebelah kiri.

8. Sekarang kita akan membuat sebuah bayangan yang di pantul kan oleh sumber Cahaya. 
Buat lah sebuah layer baru tepat di atas semua layer. dengan mengunakan Rectangular Marque Tool, buat lah seleksi persegi panjang yang nanti nya akan kita isi dengan warna putih. untuk lebih jelas nya lihat gambar di bawah ini.


9. Dengan menggunakan Ctl + T, putar layer tersebut 45 derajat sambil menahan tombol Shift. jika sudah,, sekarang ubah bentuk gambar tersebut dengan cara menarik atau mendorong tiap ujung gambar dengan menahan tombol Shift untuk membesarkan atau pun mengecilkan. seperti gambar di bawah ini.




10. Sekarang atur Blend Mode nya menjadi Overlay dengan Opacity 30%. pilih Filter >  Blur > Gaussian Blur dan gunakan radius 6px.

Sekarang anda sudah memiliki gambar seperti di bawah ini.



11. Karena bayangan tersebut datang dari arah yang berbeda dan tidak mengenai keseluruhan Obyek, maka sekarang kita akan membuat seakan-akan antara gelap dan terang memiliki sentuhan obyek masing-masing.
cara nya adalah Ctrl + Klik pada layer Light, dengan masih terseleksi sekarang anda pindah ke Layer Highlight kemudian tambahkan Layer Mask yang terdapat di bawah Layer palet untuk membuat cahaya masuk ke dalam Obyek anda.

Tambah Layer Mask



Sampai disini kita sudah memiliki gambar seperti di bawah ini :




12. Selanjut nya buat Layer Baru Tepat di atas Background Layer. dengan menggunakan Paint Bicket Tool, isi Layer tersebut dengan warna #9d506c.



13. Rubah Blend Mode nya menjadi Color dan Opacity nya menjadi 25%.


14. Selanjut nya kita akan menambahkan Lighting Efect. kita tentu ingin mengetahui dimanakah sumber cahaya dari gambar di atas. oleh karena itu kita akan memberikan Lighting Efek. Buat Layer baru di atas Layer warna kemudian isi dengan warna putih.selanjut nya pilih Menu > Filter > Render > Lighting Effect.atur seperti di bawah ini :


15.Set Blend Mode nya menjadi Overlay dan Opacity nya menjadi 45%. Sekarang anda memiliki gambar seperti ini.


16. Copy Layer Lighting efek kemudian drag layer tersebut ke posisi paling atas kemudian atur Opacity nya menjadi 42%.


17. Copy sekali lagi Layer Lighting Efek yang berada di atas, Atur Opacity nya menjadi 90%. kemudian tambahkan layer Mask. dengan menggunakan Garadien Tool > Linear > Foreground to transparan,  isi layer mask tersebut dengan warna hitam.

Hasil akhir nya :


Demikian tutorial DUNIA PHOTOSHOP  untuk edisi kali ini. semoga dari tutorial singkat di atas anda bisa mendapatkan beberapa pengetahuan dan teknik baru dalam bidang Olah digital. 
Terima Kasih dan Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar