Selasa, 13 Agustus 2013

Memahami Konsep Kerja Layer Mask Photoshop

Photoshop Untuk Pemula : Memahami Layer Mask


Artikel kali adalah bagian dari serangkaian tutorial photoshop untuk pemula. Saya akan menjelaskan secara dalam beberapa fitur yang terkadang sangat sulit untuk di pahami oleh para pemula.

Pada kesempatan kali ini saya akan menunjukan satu konsep photoshop yang sangat kuat yaitu "Layer Mask". sebenar nya ini sangat lah sulit di gunakan terutama untuk para pemula tetapi apabila kita memahami konsep kerja pada layer mask tersebut, saya yakin anda tidak akan membutuhkan Erase Tool lagi.

Saya akan coba berikan anda semua sebuah perumpamaan melalui gambar. kali ini saya akan menggunakan foto saya sendiri sebagai kelinci percobaan.

Akan tetapi, seperti yang anda lihat. layer masih dalam keadaan terkunci. untuk itu kita harus membuka kunci pada layer untuk membebaskan kita bekerja dengan layer sesuka kita.cara nya adalah klik dua kali pada thunbail layer lalu pilih ok.
Jika sudah, maka Icon Lock akan hilang dari layer.


Sekarang waktu nya kita bermaen dengan Layer Mask dan memahami konsep kerja nya. pilih Add Layer Mask dengan cara klik tombol yang saya beri tanda warna Merah

Mari kita lihat konsep kerja Layer Mask selanjut nya.
Set warna Foreground menjadi Hitam kemudian pilih Brush (B). Set Diameter Brush anda 75px. dengan memilih Layer Mask, kemudian Klik beberapa kali pada wajah.
Seperti yang anda lihat pada gambar, jika warna hitam di kombinasikan dengan Layer Mask(Masker) maka dia akan bekerja seperti Erase Tool(penghapus). terdapat dua titik yang di hilangkan dengan Brush Tool, lalu dimanakah letak kekuatan dari Mask tersebut?

Mari kita lanjutkan.

Sekarang kita rubah warna Foreground tadi menjadi warna Putih. dengan masih memilih Layer Mask (bukan Thumbail Gambar),buat lah sapuan pada dua titik yang kita beri warna hitam tadi. apa yang terjadi..??? ternyata titik yang hilang tadi akan muncul kembali bila kita mengganti warna Foreground nya menjadi warna putih.

Saya akan berikan satu buah contoh olah gambar dengan photoshop menggunakan Layer Mask.

1. Pilih sebuah gambar yang menurut anda bagus, kemudian duplikat layer tersebut seperti ini.
Gandakan layer.

2. Sekarang Pilih Fillter > Blur > Gaussian Blur. pilih pengaturan nya seperti berikut atau sesuaikan mengikuti selera anda.
Sekarang kita sudah memiliki 2 layer yaitu Layer Original dan Layer Copy. dalam hal ini kita akan menghilangkan efek kabur pada layer (Copy) tadi.

 3. Sekarang tambahkan Layer Mask pada Layer Copy


4. Gunakan Brush Tool dan ganti Foreground nya menjadi Hitam untuk menghilangkan efek kabur pada bagian tertentu. tentu nya Layer Mask harus dalam keadaan aktif (pilih layer mask).
Gunakan diameter brush 70px dan Hardness nya 0 kemudian sapukan pada daerah yang anda inginkan.

Maka hasil nya akan seperti ini.


Dari contoh yang saya berikan di atas, dapat kita simpul kan bahwa ketika kita menggunakan "Layer Mask" kita hanya menutupi obyek tertentu pada foto yang tidak kita ingin kan. lain hal nya dengan Erase Tool, ketika anda menghapus suatu Obyek maka saya pastikan itu akan terhapus seterusnya tanpa bisa kita kembalikan lagi kecuali kita mengulang proses dari awal. disini lah letak kekuatan dari Layer Mask terrsebut.

Bagaimana Layer Mask bekerja :
1.Warna Hitam untuk Menghapus
2. Warna Putih untuk Mengembalikan.
3.Warna Abu(Grey) Uuntuk Menyamarkan.

Mari kita ibaratkan anda sedang mengerjakan Olah Digital secara kompleks kemudian sudah terlalu banyak menghapus obyek dan anda berniat untuk mengembalikan obyek yang sudah terhapus tadi. jika anda menggunakan Erase Tool untuk menghapus obyek tersebut maka dengan berat hati saya bilang bahwa "obyek anda tidak bisa di kembalikan lagi". lain hal nya jika anda menggunakan layer mask, seberapa pun jauh nya anda mengolah gambar jika pada akhir nya anda berniat menghapus sesuatu yang berada pada awal-awal proses maka anda tidak perlu merasa khawatir karena Obyek anda masih bisa untuk di modifikasi semampu dan sesuka hati anda.

Itulah definisi dasar mengenai Layer Mask : Menghapus dan mengembalikan Obyek setiap saat dengan cukup mengganti warna Foreground sesuai dengan fungsi nya.

Dari definisi di atas, saya harap anda sudah bisa mengerti bagaimana Layer Mask bekerja. pada Artikel saya berikut nya, saya akan mengangkat tema mengenai Layer pada jendela Palet photoshop.   Jika dalam kasus di atas ada yang ingin di tanyakan, anda bisa tinggalkan komentar di bawah.

Terima kasih telah membaca Artikel DUNIA PHOTOSHOP yang berjudul "Memahami Konsep Kerja Layer Mask Photoshop".

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar