Senin, 05 Agustus 2013

Tutorial Membuat Teks Effect Kayu Pada Photoshop



Selamat Malam Sahabat Blogger semua, pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan satu tutorial cantik Cara Membuat Teks Effect Kayu
Yuk langsung aja ya sobat.

Langkah 1.


Kita akan memulai tutorial kali ini dengan membuat sebuah dokumen baru.pada proses ini saya menggunakan ukuran 540 x 300 pixel dengan resolusi 72ppi. tapi sebenar nya dalam ukuran ini tidak masalah sama sekali, semua tergantung sobat mau menggunakan ukuran berapa semua kembali kepada selera masing2. kemudian untuk mencari tekstur kayu yang bagus, saya menemukan yang bagus yaitu defon-x de.

Sekarng kita akan memulai dengan membuat 3 lapisan kayu dengan warna yang berbeda, mulai dari warna terang sampai warna paling gelap, mungkin gambar yang kita dapat dari defon-x de di atas sangat besar resolusi nya, untuk itu anda bisa menggunakan free transform untuk merubah ukuran nya sesuai dengan ukuran dokumen project kalian. perhatikan gambar berikut :
Catatan.:Ubah nama masing2 layer seperti pada gambar di bawah ini untuk memudahkan anda dalam proses selanjut nya, untuk paling bawah beri nama Background wood,kemudian Light Wood lalu Dark Wood.



 Langkah 2.


Selanjut nya kita akan memilih font yang akan kita gunakan. untuk tutorial kali ini, saya menggunakan jenis Font Disco karna sifat nya Abstract, Sobat bisa download font tersebut di dafont

kemudia ketik kata apa saja yang Sobat kehendaki.dalam hal ini saya menggunakan kata 'PSHERO".




Langkah 3.

Langkah selanjut nya adalah membuat seleksi pada tulisan dengan cara arah kan mouse pointer sobat ke arah kata PSHERO kemudian Klik sambil tekan Ctrl (Ctrl+ Klik) sehingga tampilan nya akan seperti ini.





Langkah 4.

Dengan Teks yang masih dalam keadaan seleksi tadi, klik pada layer Light wood kemudian pada menu di bawah jendela layer sobat pilih Add Layer Mask.

Langkah 5.

Sekarang lakukan hal yang sama pada layer Dark Wood seperti yg sobat lakukan pada Langkah 4 tadi, dengan posisi Teks masih seleksi, tambahkan layer mask untuk layer Dark Wood. lihat gambar di bawah ini :




Langkah 6.

Sampai disini, kita sudah selesai dalam proses pembuatan lapisan kayu, tetapi untuk lebih detail dalam proses pembagian nya, alangkah baik nya anda hilang kan teks PSHERO dengan cara hilangkan  icon mata yang ada di sebelah kiri jendela layer nya sehingga yg tersisa sekarang adalah 3 buah layer (background, Light wood dan Dark wood)

Langkah 7

Pastikan sobat menyimak baik2 petunjuk2 yang ada pada Langkah 7 ini untuk hasil yang memuaskan dan sesuai keinginan para sobat semua.
Pastikan layer Dark Wood dalam keadaan aktif kemudian Klik pada Layer Mask untuk memastikan langkah selanjutnya adalah benar2 di terapkan di Layer Mask bukan pada layer Dark wood itu sendiri. anda akan tahu anda telah memilih Layer Mask karna pada thunbail ini memiliki ruang yg lebih kecil di sekita palet layer.

Apa yang akan kita lakukan disini adalah memilih Rectagular Marquee Tool (tekan M) lalu buat lah seleksi di sekita Teks P (dalam hal ini tergantung sobat semua mau mulai dari mana).




Langkah 8.

Tekan D pada keyboar sobat untuk memastikan warna foreground menjadi hitam, maka setelah itu kita akan hapus dengan cara (Alt + Backspace). D berfungsi untuk memberika perbedaan gelap terang terhadap 3 lapisan kayu di atas sehingga saat sobat menekan Alt + Bckspace maka otomatis bagian yang terseleksi tadi terhapus. setelah anda selesai dalam tahap ini maka hilangkan seleksi tadi dengan cara tekan Ctrl + D.lihat gambar :

Langkah 9.

lakukan langkah yang sama seperti di atas untuk Teks yang lain nya sampai sobat berhasil menyelesaikan proses di atas, sehingga hasil nya akan seperti ini :


Langkah Terakhir  atau 10.
Sebagai langkah terakhir dari tutorial Membuat Teks Effect Kayu kali ini kita akan coba memberikan sentuhan kecil terhadap hasil akhir nya yaitu dengan cara memberikan layer style, kemudian pilih Stroke lalu sesuaikan pengaturan nya seperti di bawah ini
Size:1pxl > outside > Normal >Opacity :50 >fill type :Colour dan terakhir Colour :White.

Langkah 11.

Hasil Akhir nya adalah sebagai berikut.

Langkah 12.

Sobat bisa menggunakan teknik ini pada apa saja, dan dalam kali ini dengan hanya menampilkan teks saja saya rasa kurang pas,jadi saya coba tambahkan kreasi lain seperti bintang pada tutorial kali ini.



Dan ini adalah salah satu kreasi lain yang sudah berhasil saya buat sebagai tambahan ide sobat semua.


Sampai disini dulu Tutorial saya kali ini, dan selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar